Smada Muslim Competition (SMC)

PENDAHULUAN

I. Latar Belakang

Segala puji bagi Allah SWT, Rabb yang telah menciptakan kematian dan kehidupan untuk menguji manusia siapakah yang terbaik amalnya di antara mereka kelak mendapat tempat yang mulia di hadapan-Nya. Shalawat serta salam semoga terlimpah kepada Rasul yang diutus sebagai rahmat bagi segenap insan dan da’i yang mengajak manusia untuk mentauhidkan-Nya. Amma ba’du.

Di era globalisasi ini, islam semakin terasingkan. Banyak remaja muslim yang beranggapan bahwa islam itu sempit, monoton , tertinggal dan memahami islam hanya dari segi spiritualitas saja. Mayoritas remaja muslim sekarang lebih senang mengisi waktu senggangnya dengan berhura-hura daripada mencari kegiatan yang bermanfaat. Mereka rela mengeluarkan harta dan tenaganya untuk mengejar kesenangan sementara dan memenuhi hawa nafsunya. Namun, mereka akan berfikir berkali-kali dan bahkan enggan untuk mengeluarkan sebagian hartanya untuk kemajuan islam. Tak sedikit remaja muslim sekarang sudah terjerumus dalam jurang kesesatan karena telah meninggalkan syariat-syariat islam dan lebih senang mengikuti hawa nafsunya. Inilah fenomena yang terjadi di kalangan remaja saat ini.

Seiring berjalannya waktu, tanpa terasa semakin berkurang usia kita dan semakin dekat kita dengan kematian. Di kehidupan dunia kita disibukkan dengan sebuah persaingan untuk menjadi yang terbaik. Dalam islam pun kita di tuntut untuk berlomba-lomba dalam mencari kebaikan yang akan menjadi tabungan pahala kita menghadap sang Kholik. Berfastabikul khoirot merupakan salah satu jalan agar kita nantinya mendapat tempat yang paling mulia dihadapan-Nya.

Oleh karena itu, kami SKI SMA Negeri 2 Surabaya ingin mengadakan kegiatan bagi pelajar muslim SMA/sederajat  guna melatih jiwa agar semakin berkomitmen dalam berkompetisi dalam kebaikan melalui berbagai kompetisi pelajar muslim, dan juga meningkatkan semangat ukhuwah islamiyah melalui acara puncak Tabligh Akbar.

 

II. Landasan Pemikiran

  1. Firman Allah Ta’ala

      “Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Al Baqarah : 148)

  1. Firman Allah Ta’ala

      “Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan syurga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.” (QS. Al Hadiid : 21)

  1. Firman Allah Ta’ala

Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.  (QS. At Taubah: 71)

  1. Pancasila Sila ke-1
  2. Pembukaan UUD 1945 Alenia ke-4
  3. AD / ART OSIS SMA Negeri 2 Surabaya Masa Bakti 2016/2017
  4. Progam Kerja Seksi Bidang I OSIS SMA Negeri 2 Surabaya Masa Bakti 2016/2017

 

 III. TUJUAN, MANFAAT DAN SASARAN KEGIATAN

  • Tujuan
  1. Mempererat Ukhuwah Islamiyah antar umat muslim SMA sederajat dan SMP sederajat Se – Jawa Timur melalui lomba – lomba bertajuk Islam
  2. Menumbuhkan semangat Remaja – remaja Muslim dalam mempelajari Islam melalui lomba – lomba Islami
  3. Sebagai implementasi dari Fastabiqul Khairat ( Berlomba – lomba dalam kebaikan )
  4. Meningkatkan kualitas dan pengetahuan terhadap Dinul Islam menjawab tantangan zaman di kalangan SMA sederajat dan SMP sederajat

 

  • Manfaat
  1. Dapat meningkatkan Ukhuwah Islamiyah antar umat muslim SMA sederajat dan SMP sederajat Se – Jawa Timur melalui lomba – lomba bertajuk Islam
  2. Dapat meningkatkan semangat Remaja – remaja Muslim dalam mempelajari Islam melalui lomba – lomba Islami.
  3. Dapat memberikan ruang dan kesempatan untuk berlomba lomba dalam kebaikan
  4. Dapat meningkatkan kualitas dan pengetahuan terhadap Dinul Islam menjawab tantangan zaman di kalangan SMA sederajat dan SMP sederajat

 

  1. Sasaran
  • SMC 2017  : Pelajar muslim SMA/sederajat dan SMP/sederajat se-Jawa Timur
  • Tabligh Akbar      : Masyarakat umum Surabaya dan sekitarnya
Be Sociable, Share!
  • Twitter
  • Facebook