Sejarah

Saat kita melintas di Jl. Wijaya Kusuma Surabaya tepatnya No. 48 , kita akan melihat sebuah bangunan tua nan megah.  Bangunan yang dimaksud adalah yang dulunya Gedung Hoogere Burgerschool Soerabaia (HBS) di HBS straat (sekarang Jl.Wijayakusuma) yang sekarang digunakan sebagai gedung SMA 1 dan 2. Gedung ini dibangun pada tahun 1923. Arsiteknya adalah J.Gerber dari BOW. Gerber juga merupakan Arsitek gedung sate yang terkenal di Bandung.  Resmi menjadi SMA Negeri 2 Surabaya adalah 1 Agustus 1950.  Mulai Tahun pelajaran 2009-2010 SMA Negeri 2 Surabaya mendapat amanat untuk menyelenggarakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Sekolah ini sejak tahun 2007 juga telah mendapat pengakuan dari Badan Standarisasi Internasional Manajemen Mutu ISO dengan dibuktikan dengan Sertifikat ISO 9001 : 2008. Karena adanya penghapusan RSBI oleh pemerintah mulai tahun pelajaran 2012-2013 SMA Negeri 2 Surabaya merupakan Sekolah SMA Kawasan yaitu merupakan salah satu sekolah unggulan di Kawawsan Surabaya Tengah.

Sekolah ini berdiri sejak jaman penjajahan Belanda, dari dulu sampai sekarang fungsinya pun tetap sama, yaitu sebagai tempat belajar.  Tetapi pada jaman dahulu nama sekolah ini adalah HBS, tempat belajar para Sinyo dan Nonik Belanda.  Ada juga putra pribumi yang bersekolah disini,  tetapi itu pun hanya putra-putri pembesar dan pejabat.  Setelah masa kemerdekaan, sekolah ini diambil alih oleh pemerintah dan dijadikan sekolah negeri.  Terdapat dua jurusan di sekolah ini yaitu ilmu Sosial (jurusan A) dan ilmu pasti Alam (jurusan B).  Dalam perkembangan selanjutnya jurusan A menjadi SMA Negeri 1 yang kemudian dikembangkan menjadi SMA Negeri 9 Surabaya sedangkan jurusan B menjadi SMA Negeri 2 Surabaya yang dikembangkan menjadi SMA Negeri 5 Surabaya .  Inilah asal mulanya mengapa SMA komplek terdiri dari empat sekolah negeri.

SMA Negeri 2 Surabaya berdiri pada tanggal 1 Agustus 1950 banyak peristiwa yang mengaitkan sekolah ini dengan perjalanan Republik Indonesia.  Saksi hidup yang sekarang masih ada ialah Bpk.Prof.Roeslan Abdulgani.  Selain itu masih banyak para alumnus yang menghantarkan bangsa Indonesia ke gerbang kemerdekaan, diantaranya Ir.Soekarno yang dikenal sebagai bapak Proklamator sekaligus Presiden RI pertama .  Tetapi pada saat Ir.Soekarno belajar disini sekolah ini masih bernama HBS.  Selain itu ada Dr.Wijoyo Nitisastro, mantan ketua BAPPENAS RI pada masa pemerintahan Soeharto.  Ada satu lagi yang juga memiliki prestasi luar biasa, Beliau pernah menjabat rector Universitas PBB di Tokyo yaitu Dr.Soedjatmoko.

Setelah berubah dari HBS menjadi SMA Negeri 2 Surabaya masih banyak alumnus yang mempunyai prestasi cemerlang antara lain Jenderal (purn) TNI AD Try Soetrisno (mantan Wapres RI), Dr.Ing.Wardiman Djoyonegoro (mantan menteri pendidikan RI), Dr.Tarmizi Taher (mantan menteri Agama RI), dll.

Selain itu masih banyak alumnus yang telah sukses di bidang musik antara lain Dewa Budjana (Gigi), Piyu (Padi), Dhani Dewa, Ari Lasso, Ita Purnamasari, TIC Band (Ogi M., Husen drummer), Casino Band (Toni Jauhari, Arifin).  Bidang olahraga diantaranya Henny Maspaitella, Loudry Maspaitella, Mustakim (Persebaya), Glen (perenang). Sedangkan yang berprofesi sebagai Dokter diantaranya dr.Purnomo Yogi (spesialis penyakit dalam), Dr.Hafid (ahli syaraf), Dr.Dodi Soebadi (spesialis ginjal), dan sebagian lagi kembali ke almamater untuk mengadikan diri sebagai pengajar diantaranya Soelasmono, S.Pd., Drs. Asmiadji, Drs. Kiswadi Imam Santoso, Dra. Tapi Winda, Dra Sri Partiwijani.

Sekilas potret SMA Negeri 2 Surabaya sekolah tercinta kita.  Begitu banyak prestasi yang telah dihasilkan untuk itu kita harus berjuang terus untuk mengharumkan nama baik almamater kita SMA Negeri 2 Surabaya.

Be Sociable, Share!
  • Twitter
  • Facebook